Jalur Tuah Alam Kaswira Nondri Jadi yang Pertama Pecahkan Mitos Tepian 3 Muaro

Jalur Tuah Alam Kaswira Nondri Jadi yang Pertama Pecahkan Mitos Tepian 3 Muaro
Laga Putaran Final Tuah Alam Kaswira Nondri versus Linggar Jati (foto ig @swjmoxo)

Inuman - Mitos tepian 3 Muaro Inuman terpecahkan oleh jalur Tuah Alam Kaswira Nondri. Jalur asal desa Sikakak Cerenti tersebut di putaran final berhasil mengalahkan jalur Linggar Jati setipis kulit bawang pada hari ketiga pelaksanaan Senin (09/7). Mitos tepian 3 Muaro yang selama ini beredar bahwa jalur yang pernah menang di gelanggang 3 muaro tidak akan pernah dapat mempertahankannya dan namanya akan tenggelam di gelanggang lainnya. 

Mitos tersebut akhirnya pecah oleh jalur andalan asal kecamatan Cerenti tersebut. Dengan kemenangan ini, jalur Tuah Alam Kaswira Nondri berhasil mempertahankan juara pertama selama dua tahun berturut-turut. Tidak hanya itu, jalur ini juga tetap eksis di gelanggang lainnya.

Pengusaha muda Kuansing, Kaswira Nondri, sang pemilik jalur tersebut mengungkapkan rasa gembiranya atas keberhasilan jalur andalannya memecahkan mitos tepian 3 muaro. Kaswira Nondri juga turun langsung memacu motivasi anak pacuan.

"Kami pasti senang. Sebelum diumumkan oleh dewan juri kami deg-deg an karena harus dilihat dari layar monitor. Menangnya setipis kulit bawang. Mitosnya kan yang juara disini tidak akan pernah juara lagi. Hari ini kami buktikan, Tuah Alam Kaswira Nondri dapat mempertahankan juara pertama," ucap Kaswira Nondri dalam wawancara dengan tim Kominfoss Kuansing.

Sementara itu, komentator pacu jalur ternama, Darwis Dt, turut berkomentar atas keberhasilan jalur Tuah Alam Kaswira Nondri mempertahankan juara di tepian 3 muaro.  

"Selama ini ada pandangan jalur-jalur andalan yang berhasil meraih juara di tepian lainnya selalu enggan membawa jalurnya ke tepian 3 muaro Inuman karena ada anggapan yang juara di tepian 3 muaro tidak akan pernah menang ataupun juaro di tempat lain. Menurut saya anggapan ini tidaklah benar. Pertama, tahun 2010 jalur Siluman Buayo Danau asal Kari pernah juara di tepian 3 muaro dan tetap berhasil juara berbagai tepian serta berhasil menjadi runner up di tepian Narosa. Kemudian kemaren juga terbantahkan oleh  jalur Tuah Alam Kaswira Nondri yang berhasil mempertahankan juara dua tahun berturut-turut," ucap Darwis.

Darwis juga mengajak perwakilan jalur-jalur andalan untuk menghilangkan mitos-mitos tersebut. Dengan pecahnya mitos tersebut, kita harapkan pada pelaksanaan tahun depan jalur-jalur andalan dari berbagai kecamatan dapat berpartisipasi ikut berpacu di tepian 3 muaro kecamatan Inuman.

 

 

 

#Pacu Jalur #Pariwisata