Pembukaan Pacu Jalur Even Nasional Berlangsung Meriah, 225 Jalur Akan Berpacu

Pembukaan Pacu Jalur Even Nasional Berlangsung Meriah, 225 Jalur Akan Berpacu
Kemenparekraf Pukul Gong Tanda Dibukanya Festival Pacu Jalur

Teluk Kuantan - Festival Pacu Jalur Event Nasional di Tepian Narosa Teluk Kuantan resmi dibuka pada hari Rabu (21/8).  Acara pembukaan berlangsung meriah dengan berbagai penampilan tari dan pawai budaya dari setiap kecamatan. Pacu Jalur tahun 2024 dibuka langsung oleh perwakilan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Turut hadir Penjabat Gubernur Riau yang diwakili oleh Sekretaris Daerah. 

Perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memuji pelaksanaan event Pacu Jalur yang pada setiap tahunnya. Ditambahkannya, event Pacu Jalur ini merupakan Top 10 Karisma Even Nusantara (KEN) yang telah diakui selalu mendatangkan dampak positif bagi perekonomian daerah. 

"Pacu Jalur ini sudah sangat cocok dijadikan destinasi wisata bagi wisatawan. Potensi ekonomi yang besar ini kita harapkan kedepan Pacu Jalur semakin diminati oleh pihak sponsor. Sehingga pelaksanaanya lebih baik lagi," ucap Perwakilan Kemenparekraf RI .

Sementara itu, Bupati Kuansing Dr. H. Suhardiman Amby, MM dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut mensukseskan dan menjaga tradisi pacu jalur sehingga tetap lestari. Ditambahkannya, pemerintah telah melakukan upaya mendukung tradisi pacu jalur. Di masa kepemimpinannya, dirinya menyebut setiap Jalur dianggarkan danah hibah untuk pembuatan jalur.

"Tahun ini merupakan sejarah pelaksanaan pacu jalur. Ada 225 jalur yang akan berpacu. Terbanyak sepanjang sejarah pelaksanaan pacu jalur. Ini tidak lepas atas dukungan masyarakat yang atas program pemerintah yang memberikan bantuan pada jalur-jalur baru," jelas Suhardiman Amby.

 

#pacujalur #Pariwisata #topken