Masyarakat Tumpah Ruah Jalani Tradisi Mandi Balimau Kasai

Masyarakat Tumpah Ruah Jalani Tradisi Mandi Balimau Kasai
Bupati Suhardiman Amby saat Upacara Adat Mandi Balimau Kasai

Teluk Kuantan - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi Dr. H. Suhardiman Amby, Ak., MM bersama masyarakat menggelar tradisi Mandi Balimau Kasai di Tepian Rindu Alam Muara Lembu, Kecamatan Singingi pada Senin (11/3).

Tradisi Mandi Balimau Kasai merupakan tradisi turun temurun yang tekah dilaksanakan oleh masyarakat Kuansing dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Bertujuan untuk menyucikan diri dan bersilahturahmi sebelum melaksanakan puasa ramadhan.

Balimau Kasai adalah mandi dengan menggunakan air yang dicampur dengan limau atau jeruk. Limau yang digunakan bermacam-macam seperti jeruk purut, jeruk nipis atau jeruk kapas. Balimau kasai/Mandi potang diwarnai dengan upacara adat yang oleh pemangku adat. 

Dalam sambutannya, Bupati Kuansing Dr. H Suhardiman Amby, Ak., MM mengatakan ini merupakan kearifan lokal yang perlu dipertahankan. Nilai-nilai adat perlu diwariskan pada anak cucu agar di masa depan kita tidak kehilangan identitas.

"Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi mengapresiasi terhadap Pemerintahan Desa dan tokoh-tokoh masyarakat yang telah melestarikan tradisi ini dari zaman nenek moyang sampai saat ini, yakni Mandi Balimau Kasai sebagai warisan dari zaman ke zaman," puji Bupati atas terlaksananya Mandi Balimau Kasai.

Bupati Suhardiman Amby yang akrab disapa Datuk Panglimo Dalam juga menyampaikan permohonan maaf mewakili diri pribadi, keluarga dan pemerintah kepada masyarakat sebelum besok kita berpuasa.  

"Kalau kita bermaafan atau bersilahturahmi tidak akan cukup waktu mengunjungi satu persatu sanak saudara atau masyarakat. Jadi dengan Balimau Kasai ini juga merupakan salah satu bentuk silaturahmi kita dengan sanak saudara dan masyarakat," jelas Datuk Panglimo Dalam.

Bupati Kuansing Suhardiman Amby secara simbolis menyiramkan air yang dicampur limau atau jeruk dan daun pandan kepada empat perwakilan yang salah satunya adalah kepada salah seorang anak. Agar dapat merasakan bagaimana budaya Mandi Balimau Kasai terebut. 

Bupati Suhardiman Amby hadir didampingi ketua TP PKK Yulia Suhardiman Amby, Waka II Juprizal, SE., M. Si, Wakapolres Kompol Robert Arizal, S. Sos., Staff Ahli, Kepala OPD, Camat Singingi, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat serta Masyarakat pengunjung lainnya.

#Ramadhan #Tradisi