Suhardiman Amby Berhasil Galang Dana Rp 100 Juta Untuk Jalur Ular Putiah Linggo Biso

Suhardiman Amby Berhasil Galang Dana Rp 100 Juta Untuk Jalur Ular Putiah Linggo Biso
Suhardiman Amby Saat Layur Jalur

Pulau Kulur - Bupati Kuantan Singingi Dr H Suhardiman Amby MM hadiri Melayur Jalur Ular Putiah Linggo Biso sekaligus Beraudiensi bersama masyarakat Pulau Kulur kecamatan Kuantan Hilir Seberang kabupaten Kuansing. Sabtu, 10/08/24 malam.

Kegiatan melayur jalur diisi dengan kegiatan menggalang dana yang dipimpin Bupati Suhardiman Amby bersama masyarakat desa Pulau Kulur terkumpul sebesar Rp 100 juta. Yang sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Kuansing. 

Bupati Suhardiman menyebutkan tradisi Melayur jalur adalah merupakan salah satu bagian dari proses pembuatan jalur. Yang sangat berpengaruh.

"Kita berharap tradisi Melayur Jalur ini akan terus dilakukan, karena ini sudah menjadi tradisi masyarakat kita Kuansing. Begitu juga dengan penggalangan dana ini adalah cara untuk meringankan desa kita dalam mengumpulkan dana, karena dulu seperti kita ketahui menggunakan proposal. 

Sekarang kita permudah dengan cara menggalang dana didalam kegiatan melayur jalur, ini menunjukkan nilai kebersamaan dan gotong royong. Tanpa unsur paksaan dan tanpa ada penetapan besarnya.

Dan sekarang selain dengan penggalangan dana, desa yang membuat jalur juga dibantu pemkab melalui dana hibah sebesar Rp 50 juta untuk masing masing jalur yang dilayur. Saya berharap dan berpesan kepada seluruh masyarakat Kuansing agar  bersama untuk menjaga dan melestarikan budaya dan tradisi kita ini agar dapat dinikmati anak cucu kita. 

Disamping itu, pacu jalur saat ini juga sudah dikenal turis mancanegara kemungkinan pada pacu jalur event nasional nanti wisatawan akan bertumpah ruah yang juga berpengaruh pada perekonomian masyarakat Kuansing," pungkas Suhardiman.

Dalam kegiatan yang sama ketua panitia jalur juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas kehadiran Bupati Kuansing H Suhardiman Amby. 

"Kami sangat bersyukur, berterima kasih serta mengapresiasi atas kehadiran Bapak Bupati disela kesibukannya. Karena dengan kehadiran bapak Bupati terbantu dengan memimpin penggalangan dana serta dapat menerima dana hibah dari pemerintah melalui dinas Pariwisata," ucapnya.

Sebelum acara usai Bupati Kuansing berhasil mengumpulkan dana untuk pembuatan jalur sebesar Rp.100 juta dari kekurangan dana Rp. 98 juta. Dalam audiensi masyarakat menyampaikan bantuan benih. 

Turut hadir dalam rombongan Bupati, Beberapa Kepala OPD, Sekretaris, Kabid, Kabag Umum, Staf Ahli Bupati.

#Pacu Jalur