Tokoh Masyarakat Pangean : Suhardiman Amby Bawa Pacu Jalur Mendunia

Tokoh Masyarakat Pangean : Suhardiman Amby Bawa Pacu Jalur Mendunia
Bupati Kuansing Bersama Masyarakat Pangean Saat Acara Pembukaan Pacu Jalur

Pangean - Bupati Kuansing, Dr. H. Suhardiman Amby membuka secara resmi Pacu Jalur rayon kecamatan Pangean pada acara pembukaan yang digelar di lapangan sepak bola desa Pulau Tongah, Pangean pada Sabtu (8/7) pagi.

Acara pembukaan dibuka secara meriah dengan pawai dari semua desa se kecamatan Pangean. Masyarakat dengan antusias membawa makanan khas dari setiap desa. Tidak hanya itu, acara pembukaan semakin meriah dengan penampilan berbagai tari kreasi dan antraksi silat pangean.

Tokoh masyarakat Pangean yang diwakili oleh Datuk Sukurman (Datuak Maruangso) menyampaikan apresiasi kepada Bupati atas kepeduliannya terhadap negeri Pangean dan budaya pacu jalur. Disampaikannya, pada masa kepemimpinan Suhardiman Amby pacu jalur semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

"Pacu jalur telah menggerakkan perekonomian masyarakat di sekitar arena pacu jalur. Kehadiran penonton dari berbagai wilayah menjadi berkah bagi masyarakat yang bisa melakukan usaha dengan berjualan makanan minuman, usaha tribun, usaha parkir kendaraan dan sebagainya,"ucap Datuk Maruangso dalam sambutannya.

Sementara itu, Bupati Kuansing dalam sambutannya menyebutkan bahwa antusias masyarakat Pengean dalam menggelar pacu jalur semakin tinggi. Selain itu juga, jumlah jalur yang mendaftar mencapai rekor terbanyak sepanjang penyelenggaraan di tepian Rajo Pangean. Ini membuktikan bahwa keinginan masyarakat Kuansing agar budaya ini tetap lestari. 

"Antusias masyarakat mengikuti pacu jalur semakin tinggi. Sepanjang 2023- 2024 ini telah 70 an jalur yang dilayur. Pesan kami agar Pacu Jalur tetap lestari jalur yang telah dibuat untuk dijaga dan dipelihara. Buatkan kandang/rumah jalur yang bagus agar jalur tidak lapuk. Kita mulai kesulitan mencari kayu jalur," ucap Datuak Panglimo Dalam itu dalam sambutannya.

#pacujalur #wisatakuansing